Jumat, 16 Desember 2011

DEFINISI EMO


Emo merupakan aliran musik yang masih serumpun dengan hardcore punk.
 Seiring berjalannya waktu, istilah emo juga mendeskirpsikan fashion yang biasanya disebut dengan emo scene.

#Definisi sebenarnya
Sebenarnya emo yang merupakan singkatan dari emotional hardcore atau emotive hardcore merupakan subgenre dari musik punk di era 80 dan 90an. Tidak heran lirik-lirik lagu yang beraliran emo cenderung berkesan suram, melankolis, berarti dalam, penuh kesedihan dan kemarahan, bercerita tentang kematian dan rasa ingin bunuh diri.
#Scene
Seiring berjalannya waktu, emo kini sudah berkembang menjadi sebuah fashion. Emo fashion inilah yang disebut dengan scene. Jadi emo tidak hanya jenis/ aliran musik, tapi emo juga memiliki kebudayaan yang semakin berkembang seperti dengan adanya emo fashion yang sering disebut dengan scene.
Jeans super ciut, T-shirt ketat bergambar logo band terkenal, rambut hitam lurus dengan poni yang menutupi sebelah mata,piercing, sneaker (converse) dan asesoris dengan warna mencolok adalah ciri khas dari fashion ini.
#Stereotype
Emo biasanya dideskripsikan dengan orang-orang yang hidupnya identik dengan kesedihan, dipenuhi kemarahan, merasa terbuang,depresi dan frustasi. Banyak pertanyaan yang muncul kenapa emo kid dikenal dengan orang-orang yang penuh dengan kesedihan dan berjiwa emotional padahal sudah jelas-jelas emo adalah sebuah aliran musik. Jadi begini, orang-orang yang penuh kesedihan ini otomatis menyukai aliran musik emo karena musik emo biasanya bertema suram, lirik-liriknya bercerita tentang kesedihan. Maka dari itulah muncul stereotype yang menyatakan bahwa emo kid merupakan istilah yang mendeskripsikan orang-orang yang sensitif dan emosional (seperti musik emo).
#Bagaimana cara menjadi Emo?
1. Mengerti apa arti Emo. Emo mempunyai banyak definisi. Beberapa orang menyebut bahwa emo merupakan genre musik yang  dikategorikan sebagai musik hardcore dengan lirik yang suram. Yang lainnya ada yang menyebutnya bahwa emo adalah sebutan untuk emosi/ perasaan seseorang. Dan ada juga beberapa orang yang menyebut bahwa emo adalah lifestyle (gaya hidup). Tapi emo sesungguhnya adalah cara orang untuk mengekspresikan perasaannya entah lewat musik, fashion maupun gaya hidup.
2. Mengapresiasikan Musik Emo. Emo adalah genre musik punk, biasanya terdiri dari lirik yang emosional, sensitif dan disertai dengan teriakan-teriakan (screaming). Dari dulu hingga saat ini,musik Emo dinilai sebagai musik underground. Coba dengarkan lagu-lagu dari band-band emo, atau kamu juga bisa membuat instrumen langsung lalu membentuk band emo bersama teman-temanmu. Tulis lagu ciptaanmu dengan cara menulis puisi terlebih dahulu lalu jadikan puisi tersebut sebagai lirik lagu.
3. Tes dirimu. Coba dengarkan musik dan lagu-lagu emo. Jika kamu menyukai musik tersebut dan ingin mendengarkannya lagi,kamu sudah bisa disebut Emo. Inner emo adalah salah satu faktor yang menentukan apakah kamu emo atau tidak.
4. Berpakaian Emo. Setelah kamu merasa memiliki inner emo, coba belanja/ shopping untuk wardrobe barumu.
Goth dan punk adalah akar dari emo fashion. Gunakanlah jeans ketat, kaos ketat dengan logo emo band,
studded belts dan sneaker hitam atau warna neon. Untuk para cewek bisa menggunakan tutu skirt dengan kaos kaki atau legings bermotif stripey. Untuk asesoris, kacamata berframe tebal, kalung panjang dengan liontin besar, pita atau jepit rambut (untuk cewek), gelang berwarna neon dan handband bisa jadi andalan. Juga segala yang bermotif stripes dan kotak-kotak merupakan ciri khas dari emo culture. Agar lebih mudah, coba cek foto-foto emo faforit kamu dan jadikan foto tersebut sebagai inspirasi dalam berfashion. Tapi ingat, jangan mencontek style orang. Be your self, miliki ciri khas tersendiri.
5. Style Rambut Emo. Warnai rambutmu dengan warna hitam atau coklat (warna-warna gelap) lalu selipkan highlight berwarna neon atau warna-warna yang unatural terutama di bagian poni. Untuk cewek, kamu bisa memotong rambut kamu menjadi very short bob. Atau buat yang berambut panjang, potonglah rambutmu menjadi beberapa layer dan selipkan highlight di setiap layer-layer tersebut terutama di bagian rambut yang paling panjang. Sedangkan untuk cowok, buat rambut bagian belakangmu terlihat spike dengan poni yang jatuh ke samping di bagian depan.
6. Get your own social networking profile. Emo kid biasanya mempunya account di situs-situs social networking seperti myspace, friendster, facebook, dll. Buatlah account di salah satu situs tersebut dan miliki beratus-ratus teman online. Jangan lupa upload foto emo kamu yang paling keren.
7. Get your own online journal/ blog or your diary. Buatlah sebuah blog yang berisi puisi-puisi emo dan perasaanmu saat ini. Jika ingin alternatif lain, belilah sebuah buku diary. Dengan ini kamu bisa mengungkapkan perasaanmu yang paling dalam.
8. Gabung di komunitas emo. Jangan lupa gabung di komunitas emo di wilayahmu. Alternatif lain, gabung di komunitas emo online seperti Emo United and have fun with your emo friends.
9. Nonton konser musik emo. Jangan ngaku anak emo kalo belum pernah nonton konser musik bareng emo kid laennya.
10. Sikap, perilaku, dan personalitas. Hingga saat ini emo biasanya dikenal sebagai orang yang sangat annoying, kehidupannya dipenuhi dengan kemarahan, kesedihan, depresi, dan selalu memiliki obsesi untuk bunuh diri.Merasa risih dengan pernyataan tersebut? Sebenarnya kamu jadi emo tidak hanya karena hal annoying tersebut.Kamu bisa jadi emo karena kamu sensitif, perasa dan pendiam. Jangan dengarkan apa kata orang tentang dirimu.
11. Ingat, emo juga manusia. Jalani harimu seperti biasa layaknya manusia dan jangan sekali-sekali menjadi emo kid yang hiperbolis.
Seiring berjalannya waktu, selain genre of music, emo juga mendeskripsikan fashion yang muncul dari kebudayaan emo. Fashion ini biasa disebut dengan SCENE.Motif garis- garis dan kotak-kotak adalah ciri khas style fashion emo. Pilihan lain adalah motif polkadot dan macan tutul.Untuk warna, emo fashion biasanya cenderung dengan warna gelap yang kemudian dipadukan dengan warna-warna neon atau warna nabrak seperti hot pink, electric blue, neon green, merah dan blonde. Sedangkan ciri utama emo hairstyle adalah potongan rambut berponi yang jatuh ke samping dengan warna gelap yang diselipi dengan highlight berwarna neon.Untuk make up, selalu ada penegasan pada daerah mata dengan menggunakan eyeliner dan eyeshadow berwarna gelap (usually black) di sekeliling mata atau bisa ditambah eyeshadow colourful (warna neon) di bagian bawah mata. It will be a scene make up.
Emo girl identik dengan pale skin, kulit yang sangat putih dan pucat. Oleh karena itu, gunakan foundation yang warnanya setingkat lebih cerah dari kulit wajah kemudian ditambah lipgloss bernuansa nude atau warna bibir. Sedangkan untuk cowok, bisa menggunakan body or face piercing. Piercing merupakan salah satu faktor utama dalam emo fashion.
 Selain itu, nggak hanya cewek yang memakai asesoris dalam fashion ini. Cowok juga bisa menggunakan asesoris-asesoris emoish seperti rantai yang menggantung di celana, kacamata berframe hitam tebal, tato, cat kuku hitam,kalung dengan liontin besar, gelang-gelang berwarna gelap yang ditambahkan dengan beberapa warna-warna mencolok.
And the dresscode are... Celana jeans ketat disertai sabuk (non kulit) bergesper metal dipadu dengan kaos membentuk body.
 Biasanya kaos yang dipakai berisikan gambar simbol band-band emo terkenal di bagian depan atau belakangnya.
 Sepatu yang dipakai juga relatif simple yaitu sepatu tali dari allstar, vans atau converse. Untuk para cewek, bisa juga menggunakan sepatu balet bercorak kotak-kotak.
Spesifikasi pakaian emo untuk emo girl:
- Tutu skirt (rok balet atau rok mini berenda/ transparan ala gothic lolita). Biasanya bermotif polkadot, tengkorak, hello kitty, atau polos
- Celana jeans super ketat dan ciut di bagian bawah (celana pensil)
- Kaos ketat atau tank top
- Jaket atau t-shirt atau kaos lengan panjang bermotif stripes (garis-garis) dengan perpaduan warna gelap dan warna terang
- Kaos kaki panjang atau leging bermotif garis-garis
- Asesoris tambahan: Wrist band, gelang hitam atau warna-warni, kalung panjang dengan liontin besar, mahkota/ tiara,
 jepit rambut, bando dengan aksen pita, piercing, studded belt, anting berwarna mencolok
- Sepatu: Converse, all star, vans (all kind of sneaker) dan sepatu balet bermotif kotak-kotak atau polkadot
Spesifikasi pakaian emo untuk emo boy:
- Celana jins super ketat
- Kaos ketat bergambar logo band emo atau bertulis slogan-slogan
- Jaket/ sweater bermotif tengkorak kecil, kotak-kotak atau motif garis - Kemeja hitam ditambah dengan dasi berwarna merah maroon
- Asesoris tambahan: Rantai celana, kacamata berframe hitam tebal, body/ face piercing, gelang, kalung panjang, wrist band, studded belt.
- Sepatu: All star, converse, vans (all kind of sneaker)
Emo hairstyle terkenal dengan gaya rambut poni panjang ke samping menutupi mata baik untuk cowok maupun cewek.
 Untuk masalah warna, rambut emo biasanya berwarna gelap yang kemudian diselipi hightlight berwarna nabrak  seperti neon pink, biru, hijau dan ungu. Untuk emo girl juga biasanya menggunakan warna yang terang untuk mengecat rambut  mereka seperti pirang (blonde), campuran warna-warna neon, dll. Dengan potongan spikey di bagian belakang, rambut emo juga identik dengan potongan yang asimetris. Sekilas memang mirip harajuku tapi rambut emo lebih menonjolkan sisi poni dan spikeynya. Untuk mendapatkan hasil BIG HAIR, kita harus menyasak rambut (teasing) agar
 rambut tersebut terlihat lebih bervolume. Untuk para cewek biasanya menambahkan asesoris tambahan seperti jepit pita, jepit hello kitty dan mahkota.
Spesifikasi emo hairstyle untuk emo girl:
# Rambut pendek/ bob. Untuk rambut potongan bob, coba deh warnai rambutmu dengan warna hitam atau pirang.
 Jangan mewarnai rambutmu dengan warna merah atau pink kecuali untuk highlight. Style rambut ini akan terlihat sangat bagus jika menggunakan potongan poni ala dora. You'll be looks so cute and emo with this style. Kemudian kamu bisa nambahin bando beraksen pita berukuran besar atau jepit rambut mini berwarna pink. Style ini cocok untuk mereka yang ingin terlihat cute dan tomboy.
# Rambut medium. Rambut yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek cocoknya dicat hitam pekat polos dengan potongan spikey di bagian atas belakang. Sedangkan poninya dibuat panjang dan jatuh ke samping. Potongan rambut ini sangat cocok bagi mereka yang ingin terlihat simple tapi tetap emo.
# Rambut panjang. Bagi mereka yang mempunya rambut panjang, coba deh buat potongan rambutmu berlayer. Bagi rambutmu menjadi beberapa bagian kemudian mulailah dari atas. Potongan layer yang paling pendek dimulai dari rambut bagian atas. Layer berikutnya dibuat lebih panjang beberapa senti meter dan begitu seterusnya. Kemudian biarkan rambut bagian bawah tetap panjang dan jangan lupa, tipiskan bagian ini dengan menggunakan silet. Setelah proses pemotongan selesai,jangan lupa rebonding rambutmu. Alternatif lain yang lebih sederhana, gunakan alat catok untuk meluruskan rambutmu.Kemudian tambahkan warna-warna neon untuk highlight rambutmu. Berikan highlight di bagian poni dan bagian rambut paling bawah.
# Messy hair. Messy hair atau gaya rambut acak-acakan banyak digemari oleh emo girl. Buat rambutmu terlihat acak-acakan dan natural (terlihat seperti baru bagun. Kamu bisa menggunakan tangan atau sisir.
# Big hair. Pengen tampil scene? You must tease your hair! Sasak bagian atas rambutmu (mulai dari layer paling atas).
 Kemudian semprotkan sedikit hairspray agar sasakan rambutmu lebih tahan lama. Style big hair ini cocok untuk mereka  yang memiliki rambut panjang berlayer.
# Printed hair. Kamu bisa menambahkan corak/ motif untuk rambutmu seperti motif macan tutul ala Dakota Rose atau motif stripes ala Kiki Kanibal.
# Neon Hair. Well, this style is so scene! Warnai rambutmu dengan warna-warna mencolok ala Audrey Kitching kalo kamu PD dan ingin mengambil perhatian semua orang.
# Colourful/ Rainbow Hair. Cat rambutmu dengan maksimal 5 warna berbeda seperti hot pink, kuning, hijau, ungu, dan biru elektrik. You'll get a very scene emo hairstyle.
# Curly Hair. Untuk potongan rambut keriting ikal, buat rambutmu asimetris dengan potongan yang tidak rata (dishagy)
agar rambutmu menjadi terlihat lebih cool.
Spesifikasi emo hairstyle untuk emo boy:
# Spikey hair. Buat bagian belakang rambutmu terlihat spikey lalu biarkan ponimu memanjang dan jatuh ke samping.
Jangan lupa tambahkan warna-warna neon untuk highlight.
# Rambut polos. Rambut ini banyak digemari oleh emo boy di Indonesia karena sangat simple dan cara membuatnya sangat gampang. Biarkan rambutmu sedikit memanjang termasuk bagian belakang dan bagian poni. Warnai dengan warna-warna gelap seperti hitam pekat.
"screamo itu bagian dari "musik" emo.. "musik" emo itu adalah salah satu dari genre hardcore.. nama asli dari emo itu
EMOCORE (emotional hardcore), yaitu band - band hardcore yang mulai menerapkan tipe lyric dan aksi panggung yang sedih, bahagia, bosan, jenuh, dll. itu semua tergantung dari emosi yg di tampilkan oleh band hardcore tsb.
 biasanya mereka melakukan aksi panggung yg berlebihan.. contohny: gitaris bermain gitar sampe tidur-tiduran en nangis..ato vokal menyanyikan laguny dengan irama dan warna suara yg sedih sambil menangis.. pas jaman itu,
"EMOCORE" itu masih di hormatin.. cuz pola main main laguny masih berbau old school hardcore
(old school adalah pola main musik yang seperti aslinya pada jaman dahulu.. bukan pola main new wave, yaitu modern)..
tapi klo di lihat pada jaman sekarang, pola permainan asliny mulai terlupakan dan di gantikan oleh suara yg high pitch
(kaya perempuan, yang nyanyinya laki - laki.. klo cewe yg nyanyi sih masuk akal.. tapi klo cowo hoeeek!!~~
kecuali lw seorang penyanyi opera..) dan pola main musik yang berubah lebih condong ke arah punkpop dan heavy metal..
klo di stereotype sih, MEREKA LUPA ASAL USUL..
screamo itu adalah pola main emocore yang pola mainnya itu berubah lebih condong ke metal dari pada hardcore..
disinilah ada anggapan bahwa jaman sekarang emo itu ingin menjadi METAL.. disinilah juga banyak kontroversi dan kritik dari para METALHEADS (anak-anak metal) yang langsung dan secara tidak langsung membuat mereka membenci sgala hal yang berbau emo (musik lah, orangnya lah, terutama LIFESTYLE..).. jaman sekarang (cuma memberi tahu sebenarnya) emo itu sudah mulai benar2 di benci oleh orang-orang di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar